Home Unduh Browser Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

0
Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan web browser atau peramban web yang bisa dipakai di beberapa sistem operasi dengan sifat open source. Mozilla Firefox ini bisa diakses di sistem operasi Windows, Mac OS X serta Linux.

Mozilla Firefox adalah salah satu web browser terlaris selain Opera serta Google Chrome karena kecepatan mengakses informasi dengan baik.

Baca Juga : Pengertian Browser – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Contoh

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox memiliki sejarah yang menarik karena dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox diciptakan Blake Ross dan dikembangkan Yayasan Mozilla dengan ratusan sukarelawan didalamnya.

Pada awalnya nama web browser ini adalah Phoenix yang dikenal dengan sebutan Mozilla Firebird. Di tanggal 3 April 2003, Yayasan Mozilla menjadikan fokus utamanya di Firefox serta klien surel Thunderbird.

Ini kemudian menyebabkan perkembangan Mozilla Suite tidak difokuskan. Di tanggal 9 November 2004, Mozilla Firefox berhasil memperoleh sambutan baik dari beberapa media. Mozilla Firefox memperoleh sambutan sebelum versi 1.0 dirilis.

Pertama kali Mozilla Firefox versi 1.0 dirilis sudah memperoleh 5 juta download dalam waktu 12 hari. Di tanggal 24 November 2004, Mozilla Firefox berhasil memperoleh 6 juta pendownload.

Lewat Mozilla Firefox, yayasan ini bertujuan untuk mengembangkan peramban web yang kecil serta sederhana akan tetapi dengan kecepatan yang baik.

Ini menjadi salah satu alasan kecepatan akses di Mozilla Firefox lebih cepat dibandingkan yang lain. Di tanggal 22 Oktober 2019, Mozilla Firefox berhasil diperbarui ke versi 7.0.

Ini merupakan versi Mozilla Firefox dengan kestabilan yang tinggi. Untuk sekarang, Mozilla Firefox sudah bisa dipakai di beberapa macam sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac OS X serta FreeBSD.

Baca Juga : Download Google Chrome 32 / 64-bit

Fitur Mozilla Firefox

Dengan menggunakan Mozilla Firefox, maka pengguna bisa menggunakan beberapa fitur terbaru dan menarik. Tujuannya tentu supaya bisa menambah kenyamanan dan keamanan ketika mengakses informasi dari internet. Berikut adalah beberapa fitur dari Mozilla Firefox:

1. Ekstensi

Fitur ekstensi di Mozilla Firefox ini membuat pengguna bisa menambah beberapa hal baru ke browser atau mengubah cara browser ketika melakukan sesuatu.

Contohnya ekstensi uBlock Origin yang bisa memblokir iklan situs dengan baik. Atau ekstensi lain seperti Video DownloadHelper, DuckDuckGo Privacy Essentials dan lainnya.

2. Private Browsing

Seperti namanya, ini adalah fitur yang biasanya dipakai untuk mengakses situs secara privasi. Ini berguna pada saat pengguna mau menjelajahi situs pada perangkat umum.

Dengan fitur ini, maka informasi online pengguna akan terhapus secara otomatis seperti cookie, kata sandi, riwayat dari komputer pada saat pengguna menutup Mozilla Firefox. Dengan begitu, pengguna tidak akan meninggalkan jejak data di perangkat.

3. Ad Blocker

Untuk pengguna yang tidak mau melihat iklan ketika sedang mencari informasi, maka fitur ini sangat berguna. Ini adalah fitur yang berguna untuk memblokir iklan.

4. Tema

Mozilla Firefox menyediakan ribuan tema berbeda yang bisa digunakan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna ketika mencari informasi yang diinginkan.

5. Search Bar

Ini adalah fitur yang membuat pengguna bisa menentukan mesin pencarian sesuai dengan kebutuhan. Contohnya pada saat Search Bar diatur menjadi Google, maka saat pengguna menulis keyword di search bar, akan ditampilkan hasil pencarian di Google sesuai keyword yang ditulis.

6. Add Ons

Mozilla Firefox memungkinkan pengguna untuk menambah fitur sesuai kebutuhan dengan daftar Add ons yang telah disediakan. Dengan menambah add ons, maka pengguna bisa membuat Mozilla Firefox bekerja sesuai keinginan.

Unduh Juga : Download Chromium untuk Windows

7. Firefox Sync

Pada saat mengatur Firefox Sync di komputer, seluruh data serta preferensi seperti history, bookmark, password dan tab yang terbuka serta diinstall add ons akan tersimpan dengan aman pada server Mozilla.

Selain itu, fitur ini bisa juga bisa menghubungkan gadget lain seperti smartphone dan akan secara otomatis disikronisasi untuk memberikan akses ke seluruh informasi.

8. HomePage

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengatur halaman web yang diinginkan menjadi halaman awal atau beranda. Tidak hanya satu halaman web, namun Mozilla Firefox membuat pengguna bisa mengatur kelompok situs menjadi halaman awal atau beranda.

9. Bookmark

Bookmark adalah fitur yang membuat pengguna bisa menyimpan halaman web yang diinginkan. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengingat atau mencatat halaman web yang dirasa penting dan akan dibuka kembali nanti.

Mozilla Firefox akan menyimpan halaman web yang diperlukan sehingga mempermudah pengguna untuk membukanya kembali.

10. Web of Trust [WOT]

Fitur ini berguna untuk memblokir akses ke website yang dianggap tidak memenuhi tingkatan kriteria kepercayaan, pembajakan, keandalan penjual, keselamatan anak yang setiap kriterianya punya 5 tingkatan peringkat yang diwakili warna merah yang tidak bisa diizinkan untuk diakses sampai hijau yakni perwakilan aman.

11. Bookmarks Toolbar

Fitur ini akan selalu mengetahui berbagai hal baru dari suatu site tanpa harus membuka situs tersebut untuk mengetahui hal terbaru. Namun dengan catatan, site ini harus sudah mendukung RSS reader yang umumnya ada icon RSS.

Di web browser Mozilla Firefox bisa dilihat di sisi kanan alamat site yang dikunjungi pengguna. Hanya dengan klik pada ikon, maka akan muncul pilihan service antara Atom serta RSS.

Hanya cukup klik salah satunya dan menunggu beberapa saat, maka akan muncul jendela dengan caption “Subscribe with Live Bookmark”. Silahkan klik tombol Subscribe dan nantinya akan muncul di bagian bookmarks toolbar serta akan bertambah satu bookmark tekno in.

Baca Juga : Download Brave 32 / 64-bit

Kelebihan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan web browser yang lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Mozilla Firefox:

  • Memiliki nilai popularitas yang sangat baik.
  • Keamanan web browser yang jauh lebih terjamin dibandingkan dengan web browser yang lain.
  • Punya banyak jenis add on dan masih terus dikembangkan pendirinya dan pengembang di seluruh dunia sebab bersifat open source.
  • Memiliki performa yang baik dari segi internet atau intranet.
  • Untuk mendukung kinerjanya, Mozilla Firefox memiliki konfigurasi web browser yang lengkap.
  • Ukuran memori di Mozilla Firefox kecil sehingga bisa mempercepat aksesbilitas.
  • Memiliki antarmuka sederhana akan tetapi tidak monoton.
  • Memiliki tampilan minimalis dengan tata letak yang juga modern supaya pengguna tidak sulit mengoperasikannya.
  • Ada banyak Add on yang bisa digunakan pengguna sesuai kebutuhan. Contohnya memasang ekstensi atau memilih browser yang diinginkan sehingga pengguna bisa berselancar di internet dengan cepat, praktis dan tidak bosan.

Baca Juga : Download Opera 32/64bit Update Terbaru

Kekurangan Mozilla Firefox

  • Apabila ingin melakukan pembaruan Mozilla Firefox, maka harus mengunduh versi terbarunya. Ini berbeda dengan IE yang hanya perlu diupgrade saja.
  • Saat ingin dijalankan pertama kali, Mozilla Firefox butuh waktu lebih lama dibandingkan yang lainnya.
  • Saat akan memproses suatu situs atau laman, Mozilla Firefox butuh waktu lebih lama sebab ada masalah kompatibilitas atau kesesuaian di antara pengkodean situs serta aplikasi ini.
  • Mozilla Firefox bukan aplikasi yang terhubung dengan Outlook atau Outlook Express.

Baca Juga : Download Vivaldi 32 / 64-bit untuk Komputer

Download Mozilla Firefox

Mozilla Firefox Versi Terbaru (Latest Version)

Mozilla Firefox SetupOfficial Link
Mozilla Firefox 64 BitOfficial Link
Mozilla Firefox 32 BitOfficial Link

Mozilla Firefox Versi Lama (Old Version)

Mozilla Firefox v95.0 64bit (Offline Installer) / 52.7MBGoogle Drive
Mozilla Firefox v95.0 32bit (Offline Installer) / 50.9MBGoogle Drive
Mozilla Firefox Linux & MacOS (Last Version)Mozilla Official Link
Sumber Referensi

https://sinaupedia.com/pengertian-mozilla-firefox/
https://id.wikipedia.org/wiki/Firefox
https://www.nesabamedia.com/pengertian-mozilla-firefox/
https://dianisa.com/pengertian-mozilla-firefox/
https://hosteko.com/blog/mengenal-lebih-dalam-tentang-mozilla-firefox

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version