32 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Download Gentoo Linux ISO 32/64 Bit

Artikel Pilihan

Gentoo Linux merupakan distribusi Linux yang menggunakan paket sistem manajemen Portage. Manajemen paket ini dirancang untuk modular, portabel, mudah untuk ditata, fleksibel serta dioptimalkan untuk setiap komputer pengguna.

Beberapa paketnya umumnya dibangun dari kode sumber atau source meski sebagian besar paket perangkat lunaknya juga tersedia dalam bentuk binari untuk kenyamanan.

Baca Juga : Pengertian Linux – Sejarah, Fitur dan Contoh Distro

Pengertian Gentoo Linux

Gentoo Linux merupakan meta distro modern yang kencang serta rancangan yang fleksibel sekaligus rapi. Gentoo Linux dibangun memakai software bebas dan tidak menyembunyikan apapun yang ada di balik Gentoo pada penggunanya.

Portage, sistem pengatur paket yang dipakai Gentoo Linux ditulis dengan Python. Ini artinya pengguna bisa dengan mudah melihat serta memodifikasi source code. Sedangkan sistem paket Gentoo Linux memakai source code. Sementara konfigurasinya memakai file text biasa.

Baca Juga : Download Linux Ubuntu Desktop ISO 32 64-bit Gratis

Sejarah Gentoo Linux

Pada awalnya, Gentoo Linux dibuat Daniel Robbins dengan nama Enoch Linux. Tujuan dari pengembangan tersebut adalah menciptakan suatu distribusi Linux tanpa binari program yang terkompolasi dari awal untuk memaksimalkan perangkat keras dan hanya memasukkan program yang diperlukan pengguna.

Hanya ada 1 versi Enoch yang pernah dirilis yakni versi 0.75 di bulan Desember tahun 1999. Daniel Robbins serta pengembang lain kemudian melakukan eksperimen untuk melakukan forking GCC yang dikenal dengan nama kompiler EGCS yang dikembangkan Cygnus Solutions.

Pada saat itu, Enoch kemudian namanya diganti menjadi Gentoo Linux dimana Gentoo sendiri adalah salah satu dari jenis penguin. EGCS lalu menjadi bagian dari versi resmi GCC dan dengan EGCS tersebut, disribusi Linux lain mendaatkan kecepatan yang sama bagusnya.

Sesudah cacat program di sistem Gentoo ditemukan, Robbins menonaktifkan pengembangan lebih lanjut beberapa bulan kemudian beralih ke FreeBSD untuk memodifikasi fitur sistem autobuild Gentoo dengan menambah beberapa fitur FreeBSD.

Gentoo Linux 1.0 dirilis di tanggal 31 Maret 2002. Kemudian di tahun 2004, Robbins mendirikan organisasi non profit Gentoo Foundation dan memindahkan semua hak cipta distribusi Gentoo ke organisasi ini sekaligus mengumumkan dirinya sebagai pemimpin proyek Gentoo Linux.

Baca Juga : Download Debian 11 ISO 32/64bit Last Version

Versi Gentoo Linux

  • Gentoo Linux versi 1.0: Rilis 31 Maret 2002.
  • Gentoo Linux versi 1.2: Rilis Juni 2002.
  • Gentoo Linux 1.4: Rilis 5 Agustus 2003.
  • Gentoo Linux 1.4 maintenance: Rilis 11 September 2003.
  • Gentoo Linux 2004.0: Rilis 1 Maret 2004.
  • Gentoo Linux 2004.1: Rilis April 2004.
  • Gentoo Linux 2004.2: Rilis 26 Juli 2004.
  • Gentoo Linux 2004.3: Rilis 15 November 2004.
  • Gentoo Linux 2005.0: Rilis 27 Maret 2005.
  • Gentoo Linux 2005.1: Rilis 8 Agustus 2005.
  • Gentoo Linux 2005.1-r1: Rilis 21 November 2005.
  • Gentoo Linux 2006.0: Rilis 27 Februari 2006.
  • Gentoo Linux 2006.1: Rilis 30 Agustus 2006.
  • Gentoo Linux 2007.0: Rilis 7 Mei 2007.
  • Gentoo Linux 2008.0_beta1: Rilis 1 April 2008.
  • Gentoo Linux 2008.0: Rilis 6 Juli 2008.
Baca Juga :  Download Windows 11 Gratis Ori Terbaru

Walau sistem penomoran versi diubah menjadi tahun, sistem penomoran versi masih tetap dipertahankan.

Baca Juga : Download Gentoo Linux

Bootloader Gentoo Linux

Di dalam bootloader, Gentoo Linux menyediakan GRUB dan juga LILO. Bagian terpenting ketika mempelajari GRUB adalah berkenalan dengan cara GRUB menamai harddisk serta partisi.

Partisi Linux /dev/hda1 (untuk drive IDE) atau /dev/sda1 (untuk drive SATA/SCSI pengguna kemungkinan besar akan diberi nama (hd0,0) oleh GRUB.

Sedangkan LILO merupakan singkatan dari Linux Loader yakni bootloader Linux asli yang sudah terpercaya. Akan tetapi, pada LILO tidak ada beberapa fitur yang ada di GRUB.

Alasan LILO masih tetap dipakai di beberapa sistem adalah karena GRUB tidak bisa berfungsi dan LILO bisa berfungsi. Tentunya, LILO masih dipakai karena beberapa orang sudah sangat mengenal LILO dan masih tetap ingin memakainya. Untuk alasan tersebut, maka Gentoo Linux tetap mendukung keduanya.

Baca Juga : Download Linux Mint 20.2 Lengkap Versi Terbaru

Fitur Gentoo Linux

Gentoo Linux dikatakan menarik untuk pengguna Linux yang ingin kendali penuh dari perangkat lunak yang diinstal serta dijalankan di komputer.

Banyak orang yang bersedia untuk menginvestasikan waktu yang dibutuhkan untuk konfigurasi serta menyetel sistem Gentoo bisa membangun desktop serta server yang efisien.

Gentoo Linux akan mendorong pengguna untuk membangun kernel Linux yang disesuaikan dengan perangkat keras khusus. Ini nantinya memungkinkan kontrol yang baik tentang layanan mana yang diinstal serta dijalankan.

Penggunaan memori juga bisa dikurangi dibandingkan distribusi lain dengan cara menghilangkan fitur serta layanan kernel yang tidak dibutuhkan.

Repositori paket Gentoo Linux menyediakan banyak koleksi perangkat lunak. Setiap paketnya berisi detail dependensi sehingga hanya set paket minimum saja yang perlu diinstall.

Fitur opsional dari setiap paket seperti apakah butuh dukungan LDAP bisa dipilih pengguna. Sedangkan persyaratan paket yang dihasilkan akan secara otomatis disertakan pada set dependensi.

Karena Gentoo Linux tidak memaksakan tampilan serta nuansa standar, maka paket yang diinstal umumnya akan muncul sesuai keinginan pembuatnya.

Baca Juga :  Pengertian Script : Macam Jenis dan Contoh Terlengkap

Baca Juga : Download Peppermint OS Versi Terbaru Gratis

Portage Gentoo Linux

Portage merupakan distribusi perangkat lunak serta sistem manajemen paket Gentoo Linux. Desain aslinya didasarkan pada sistem port yang dipakai sistem operasi Berkeley Software Distribution atau BSD.

Repositori Gentoo Linux berisi lebih dari 19 ribu paket yang sudah siap dipasang pada sistem Gentoo. Satu pemanggilan perintah emerge portage bisa memperbarui salinan lokal repositori Gentoo, mencari paket atau mengunduhnya, mengkompilasi serta menginstal lebih dari 1 paket dan dependensinya.

Fitur bawaan juga bisa diatur untuk paket individual atau secara global dengan apa yang dinamakan flag USE. Binari yang sudah dikomplikasi sebelumnya juga disediakan untuk beberapa aplikasi dalam waktu pembuatan yang lama seperti Mozilla Firefox dan LibreOffice. Namun, nantinya pengguna akan kehilangan kemampuan untuk menyesuaikan fitur opsional.

Ada juga opsi konfigurasi untuk mengurangi waktu kompilasi seperti dengan mengaktifkan kompilasi pararel atau memakai pipa sebagai ganti file sementara. Kompilasi paket juga bisa didistribusikan lewat beberapa komputer.

Selain itu, pengguna juga bisa memasang sistem file besar pada memori supaya bisa mempercepat proses pembuatan paket. Meski begitu, beberapa pendekatan juga punya kekurangan dan tidak diaktifkan secara default.

Baca Juga : Free Download Arch Linux Update Paling Baru

Kelebihan dan Kekurangan Gentoo Linux

1. Kelebihan Gentoo Linux

  • Banyak aplikasi serta dokumentasi yang memadai.
  • Komunitasnya besar sehingga pengguna bisa bertanya tentang Gentoo Linux dengan bebas.
  • Kinerja lebih cepat.
  • Bisa diinstal pada ps3.

2. Kekurangan Gentoo Linux

  • Butuh koneksi internet ketika proses install pada komputer.
  • Gentoo Linux lebih sesuai untuk pengguna yang maniak dengan Linux, developer serta programmer.

Baca Juga : Download Lubuntu ISO 32/64bit

Gentoo Linux Installer

Gentoo Linux installer sekarang ini sudah diperbarui dan paketnya hanya bisa berjalan di networkless installation yang memakai ebuild tree. Paket ini juga ada pada LiveCD.

Untuk sekarang, paket installer belum diciptakan untuk bersi Live DVD. Akan tetapi untuk perkembangan berikutnya, yang menjadi ciri peluncuran Gentoo 2008.0 adalah migrasi dari Linux kernel 2.6.24 yang membawa banyak jenis paket driver terbaru sehingga bisa ditambahkan dukungan untuk hardware terbaru sekarang ini.

Baca Juga : Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Download Linux Gentoo

===* Linux Gentoo Installer *===
Gentoo Linux Versi LengkapOfficial Link Linux Gentoo

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Gentoo_Linux
http://nizam1030.blogspot.com/2017/12/linux-gentoo-serta-kelebihan-dan.html
http://you-ggtq.blogspot.com/2015/04/pengertian-gentoo.html
https://yusufpasmada.wordpress.com/2015/06/07/sejarah-gentoo-linux/

[Total: 1 Rata-rata: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa