22.5 C
Semarang
Wednesday, January 19, 2022

Pengertian Nelayan – Ciri, Jenis, Klasifikasi dan Contoh

Artikel Pilihan

Nelayan merupakan orang yang kesehariannya bekerja menangkap ikan serta biota laut lain yang hidup di dasar laut, kolom atau permukaan air.

Perairan yang dijadikan daerah aktivitas nelayan tersebut bisa berupa perairan tawar, laut atau payau. Sedangkan di negara berkembang di Asia Tenggara atau Afrika, masih banyak nelayan yang memakai peralatan sederhana ketika menangkap ikan.

Untuk di negara maju, umumnya nelayan memakai peralatan modern serta kapal besar yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Pengertian Nelayan

Menurut UU No.9 Tahun 1985, nelayan atau kelompok nelayan merupakan perorangan atau badan hukum yang melakukan usaha perikanan mencakup menangkap, membudidayakan, mendinginkan atau mengawetkan ikan dengan tujuan komersial.

Sedangkan pengertian nelayan kecil menurut UU No.45 Tahun 2009 merupakan orang yang memiliki mata pencaharian menangkap ikan untuk mencukupi kebutuhan harian memakai kapal perikanan berukuran paling besar 5 grosston [GT].

Ciri-ciri Nelayan Kecil

Menurut Smith, perikanan tangkap skala kecil diantaranya memiliki beberapa ciri, seperti:

  • Kegiatan dilakukan memakai unit penangkapan skala kecil dan terkadang memakai transportasi air yakni perahu bermesin atau bahkan tidak sama sekali.
  • Aktivitas penangkapan adalah paruh waktu dengan pendapatan keluarga apa adanya ditambah pendapatan lain dari kegiatan diluar menangkap ikan.
  • Kapal serta alat tangkap umumnya akan dioperasikan sendiri.
  • Alat tangkap dibuat sendiri serta dioperasikan tanpa bantuan mesin.
  • Investasinya rendah dengan modal pinjaman dari penampung hasil tangkapan.
  • Hasil tangkapan per unit usaha serta produktivitas di level sedang hingga sangat rendah.
  • Hasil tangkapan tidak dijual ke pasar besar yang terogranisir dengan baik namun diedarkan pada beberapa tempat pendaratan atau dijual di laut.
  • Sebagian atau semua hasil tangkapan dikonsumsi sendiri bersama keluarga nelayan.
  • Komunitas nelayan kecil biasanya terisolasi baik secara geografis atau sosial dengan standar hidup keluarga nelayan yang rendah hingga batas minimal.

Jenis Klasifikasi Nelayan

Klasifikasi Nelayan Menurut Statistik Perikanan KKP

1. Nelayan Penuh

Nelayan penuh adalah jenis nelayan yang hanya punya satu mata pencaharian yakni sebagai nelayan. Nelayan seperti ini hanya menggantungkan hidup pada profesi kerja sebagai nelayan serta tidak punya pekerjaan atau keahlian lain selain menjadi nelayan.

2. Nelayan Sambilan Utama

Nelayan sambilan utama menjadikan nelayan sebagai profesi utama namun juga masih punya pekerjaan lain untuk penghasilan tambahan.

3. Nelayan Sambilan Tambahan

Nelayan sambilan tambahan merupakan jenis nelayan yang punya pekerjaan lain sebagai sumber penghasilan. Pekerjaan sebagai nelayan hanya dipakai untuk mendapatkan penghasilan tambahan saja.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Kepemilikan Sarana Penangkapan Ikan

1. Nelayan Penggarap

Nelayan penggarap merupakan orang sebagai kesatuan yang menyediakan tenaga dalam usaha menangkap ikan laut dan bekerja dengan sarana penangkapan ikan milik orang lain.

2. Juragan atau Pemilik

Juragan atau pemilik merupakan orang atau badan hukum yang memiliki hak berkuasa atau memiliki sesuatu perahu atau kapal serta alat penangkapan ikan yang dipakai untuk menangkap ikan dan dioperasikan oleh orang lain.

Apabila pemiliknya tidak melaut, maka dinamakan dengan juragan atau pengusaha. Namun jika pemiliknya sekaligus bekerja melaut menangkap ikan, maka dinamakan dengan nelayan yang sekaligus merupakan pemilik transportasi laut seperti kapal.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Kelompok Kerja

1. Nelayan Perorangan

Nelayan perorangan adalah nelayan yang punya peralatan tangkap ikan sendiri dan dalam pengoperasiannya tidak melibatkan orang lain.

2. Nelayan Kelompok Usaha Bersama [KUB]

Nelayan kelompok usaha bersama atau disingkat KUB adalah gabungan dari setidaknya 10 orang nelayan yang kegiatan usahanya sudah terorganisir serta tergabung pada kelompok usaha bersama non badan hukum.

3. Nelayan Perusahaan

Nelayan perusahaan merupakan nelayan pekerja atau pelaut perikanan yang sudah terikat dengan perjanjian kerja kelautan dengan badan usaha perikanan.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Jenis Perairan

  • Nelayan laut: Nelayan yang menangkap ikan di perairan laut.
  • Nelayan pantai atau teritory fishers: Nelayan yang menangkap ikan di perairan laut teritorial.
  • Nelayan lepas laut atau high seas fishers: Nelayan yang menangkap ikan di perairan laut lepas.
  • Nelayan perairan umum pedalaman: Nelayan yang menangkap ikan di perairan umum pedalaman.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan UU Perikanan

  • Nelayan: Orang dengan mata pencaharian penangkapan ikan.
  • Nelayan kecil: Orang dengan mata pencaharian melakukan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan harian memakai kapal perikanan berukuran setidaknya 5 gross ton.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Mata Pencaharian

  • Nelayan subsisten: Nelayan yang menangkap ikan hanya untuk mencukupi kebutuhan sendiri.
  • Nelayan asli: Nelayan yang sedikit banyak punya karakter sama seperti kelompok pertama akan tetapi juga punya hak melakukan aktivitas secara komersial atau pada skala yang sangat kecil.
  • Nelayan komersial: Nelayan yang menangkap ikan untuk tujuan komersial atau dipasarkan di pasar domestik atau pasar ekspor.
  • Nelayan rekreasi: Orang yang secara prinsip melakukan kegiatan menangkap ikan hanya untuk olahraga atau kesenangan.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Aspek Keterampilan Profesi

  • Nelayan non formal: Keterampilan profesi menangkap ikan yang dilatih atau diturunkan dari orang tua atau generasi pendahulu secara non formal.
  • Nelayan formal akademis: Keterampilan profesi menangkap ikan yang diperoleh dari belajar serta berlatih secara sistematis akademis serta berijazah atau bersertifikasi.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Teknologi

  • Nelayan tradisional: Nelayan yang memakai teknologi penangkapan sederhana yang biasanya dioperasikan manual memakai tenaga manusia. Kemampuan jelajah operasionalnya terbatas pada perairan pantai saja.
  • Nelayan modern: Nelayan modern memakai teknologi penangkapan lebih canggih dibandingkan nelayan tradisional. Ukuran modernitas tidak hanya karena penggunaan motor untuk menggerakkan perahu namun besar kecilnya motor yang dipakai dan tingkat eksploitas alat penangkap yang dipakai.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Mobilitas

  • Nelayan lokal: Nelayan yang beroperasi menangkap ikan sesuai perairan WPP dalam ijin yang sudah dikeluarkan otoritas Pemerintah Daerah setempat.
  • Nelayan andon: Nelayan yang memakai kapal dengan ukuran maksimal 30 gross tonage yang beroperasi menangkap ikan mengikuti ruaya kembara ikan pada perairan otoritas teritorial dengan legalitas ijin antar Pemerintah Daerah.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Status Kewarganegaraan

  • Nelayan Indonesia: Nelayan yang berasal dari kewarganegaraan Indonesia dan terdaftar pada database nasional serta punya identitas Kartu Nelayan indonesia atau KNI.
  • Nelayan asing: Nelayan dari kewarganegaraan negara lain yang sudah terdaftar pada database nasional Indonesia serta punya Kartu Nelayan Asing atau KNA di Indonesia.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Daftar Identitas

  • Nelayan beridentitas: Nelayan yang sudah terdaftar di dalam database nasional Indonesia serta punya identitas Kartu Nelayan Indonesia.
  • Nelayan tanpa identitas: Nelayan yang tidak terdaftar pada database nasional Indonesia serta tidak punya identitas Kartu Nelayan Indonesia.

Klasifikasi Nelayan Berdasarkan Gender

  • Wanita nelayan: Istri nelayan yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama [KUB] yakni pihak yang secara langsung terlibat pada kondisi aktivitas penunjang kegiatan produksi ikan nelayan.
  • Taruna atau Putra Putri Nelayan: Putra putri nelatan yang tergabung pada Kelompok Usaha Bersama [KUB] yang secara tidak langsung menunjang kegiatan produksi penangkapan nelayan. Kegiatan tersebut berbentuk pelestarian lingkungan sumberdaya ikan berupa padang lamun, mangrove, terumbu karang, bersih pantai dan sungai.
Sumber Referensi

http://mukhtar-api.blogspot.com/2014/07/klasifikasi-jenis-nelayan.html
http://repository.ump.ac.id/2414/3/Wahyu%20Wulandari_BAB%20II.pdf
https://paralegal.id/pengertian/nelayan-tradisional/
https://id.wikipedia.org/wiki/Nelayan
https://bobo.grid.id/read/082989987/mengenal-profesi-nelayan-tradisional-dan-nelayan-modern-materi-kelas-4-sd?page=all
https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ternyata-banyak-ini-jenis-perahu-nelayan-di-indonesia
https://jobskarir.id/profesi/nelayan/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa