Semua Bisa Go Digital – Usaha di Rumah yang Menghasilkan Uang

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Perkembangan teknologi yang semakin maju memudahkan segala kegiatan manusia menjadi lebih cepat.

Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini memiliki peran penting yaitu internet. Dengan adanya internet kita bisa saling terhubung dari berbagai penjuru dunia.

Dengan internet berbagi informasi menjadi lebih mudah dan kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna jaringan internet lainnya kapanpun dan dimanapun.

Saat ini hampir di semua aspek kehidupan memanfaatkan internet, mulai dari berbagi informasi, berkomunikasi, hiburan dan bahkan kegiatan bisnis juga banyak dilakukan di internet.

Baca Juga : Jaringan Komputer – Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Contoh

Peluang Besar di Era Digital

Peluang Besar di Era Digital

Tidak bisa disepelekan, manfaat internet yang telah dirasakan membuat semakin bertambahnya jumlah pengguna dari waktu ke waktu.

Mulai dari generasi remaja, muda, dewasa hingga orang tua dan bahkan anak-anak saat ini sudah menggunakan internet baik untuk berkomunikasi ataupun sekedar mencari konten informasi.

Infromasi yang dipublikasikan di dunia digital dikenal dengan istilah konten, yang terdapat berbagai macam bentuknya, seperti :

  • Tulisan
  • Gambar
  • Audio (Suara)
  • Video

Baca Juga : Pengertian Konten – Macam Jenis, Syarat, Etika, Cara Membuat dan Contoh

Internet seperti menjadi kebutuhan sekunder yang cukup penting dimiliki oleh masyarakat saat ini karena besar manfaatnya.

Tentu perubahan zaman yang terjadi terlihat sebagai peluang oleh para pelaku bisnis, sehingga memanfaatkannya dalam kegiatan ekonomi.

Beberapa orang sukses dan kaya yang kita kenal saat ini kebanyakan mereka berkecimpung di dunia digital dan teknologi.

Jeff Bezos yang merupakan CEO dari amazon.com, Larry Page salah satu pendiri google.com, Mark Zuckerberg dengan banyak sosial media populer yang dimiliki seperti facebook, twitter, instagram, Jack Ma merupakan chairman eksekutif dan pendiri dari perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok Alibaba Group.

Para pelaku bisnis melihat peluang ini dan memanfaatkannya untuk mendapat keuntungan, dan tentu peluang ini juga berlaku untuk semua orang sehingga bisa mendapatkan keuntungan finansial dari penggunaan internet.

Baca Juga : Pengertian Internet – Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Contoh Manfaat

Semua Bisa Go Digital

Semua Bisa Go Digital

Saat ini hampir semua orang sudah beralih dari model tradisional menjadi Digital, mulai dari yang paling sederhana saja yaitu komunikasi, hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan WhatsApp untuk media komunikasinya.

Hal ini menunjukan bahwa masyarakat antusias menyambut perkembangan teknologi dan mau beradaptasi dengan sesuatu yang baru.

Selain melalui aplikasi chat, kita juga sering berkomunikasi dan melakukan interaksi melalui media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dll.

Tentu dengan menggunakan berbagai macam platform informasi yang disampaikan akan lebih tersampaikan pada publik pengguna internet.

Dalam kegiatan ekonomi kita bisa memanfaatkan ini untuk melakukan aktifitas jual beli yang menguntungkan kedua belah pihak.

Jika kamu memiliki barang atau jasa maka bisa memanfaatkan internet, sehingga pengguna lain yang membutuhkan dapat menemukannya dengan mudah, dengan ini keduanya akan mendapat keuntungan.

Mulai dari aplikasi Messenger untuk melakukan chat dan saling bertukar informasi, online shop untuk menjual produk, media sosial untuk menawarkan jasa kita bisa memanfaatkan semua ini untuk eksis di dunia digital.

Dengan hadirnya kita di platform yang tersedia tersebut kita akan lebih dikenal dan mudah dijangkau oleh orang lain dari seluruh penjuru dunia.

Semua platform tersebut dapat kita gunakan secara gratis, walaupun beberapa ada yang menawarkan dengan berbayar untuk mendapatkan fasilitas lebih.

Baca Juga : Cara Membuat Blog di HP

Tidak Punya Produk Untuk Dijual ?

Jika kamu tidak memiliki produk yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang dari rumah maka ada banyak solusinya.

Terdapat banyak aktifitas yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan internet untuk bisa menghasilkan keuntungan ekonomi.

1. Publisher Web

Publisher Web atau Penerbit Web adalah individu/bisnis/dll yang menyiapkan dan mempublikasikan konten ke audiens, walaupun mungkin konten yang dipublikasikan merupakan buatan orang lain yang bekerjasama dengan penerbit tersebut.

Sebagai contoh jika kamu ingin membangun web berita yang menajikan sebuah informasi terbaru, karena terdapat banyak informasi yang harus diterbitkan setiap hari maka kamu mempekerjakan orang lain untuk membantu membuat konten.

Dalam hal ini umumnya seorang publisher mendapatkan keuntungan melalui bekerjasama dengan pengiklan, dengan menampilkan iklan di web yang dimilikinya maka keuntungan bisa didapat dari setiap iklan yang tampil dan diklik oleh pengunjung web.

Selain itu keuntungan juga bisa didapat saat seseorang ingin mempublikasikan konten atau iklan promosinya di web yang publisher kelola.

2. Freelancer

Freelancing adalah profesi berbasis kontrak di mana daripada terikat dalam suatu perusahaan atau organisasi, freelancer menggunakan keterampilan dan pengalamannya untuk memberikan layanan kepada sejumlah klien.

Secara sederhana, freelancing adalah ketika seseorang menggunakan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman untuk bekerja dengan banyak klien dan melakukan berbagai tugas tanpa berkomitmen pada satu perusahaan.

Jumlah tugas atau tugas yang dapat diambil hanya bermuara pada kemampuan untuk memenuhinya seperti yang diminta dari mereka. Sehingga kita tidak akan begitu terbebani seperti menerima pekerjaan yang diluar ketrampilan yang dimiliki.

Freelancer atau pekerja lepas adalah wiraswasta yang menghasilkan uang dengan memberikan layanan kepada banyak klien. Layanan ini berkaitan dengan keterampilan orang tersebut dan tidak harus diberikan hanya untuk pelaku bisnis saja.

Freelancer menggunakan platform pihak ketiga seperti Fiverr, 99designs, dll. untuk mendapatkan bisnis atau menggunakan jaringan sehingga mendapatkan lebih banyak tawaran bisnis dan dapat berinteraksi serta memberikan layanan kepada klien mereka secara langsung.

Baca Juga : Apa Itu Pekerjaan Freelance – Online atau Offline ?

3. Reseller

Reseller membeli produk dengan tujuan menjualnya nanti dengan harga yang lebih tinggi. Reseller atau Pengecer membeli barang dan jasa dari produsen dalam jumlah besar, sehingga mereka biasanya menerima diskon.

Pengecer kemudian menghubungkan produsen dan konsumen melalui tindakan menjual kembali, membawa barang dan jasa ke pengguna akhir. Usaha ini bisa kamu lakukan jika memiliki modal yang besar, sehingga bisa membeli dengan jumlah yang banyak untuk menakan harga.

Sebagai contoh jika produsen berada di kota Jakarta dan kita membeli dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan diskon yang kemduian dikirimkan ke kota operasional kita misalkan Semarang. Selanjutnya kita bisa menjual produk tersebut untuk di distribusikan di kota Semarang dan sekitarnya.

Lalu Bagaimana Jika Kita Hanya Memiliki Modal Kecil ? Ini Solusinya !

Dropshipping merupakan metode pemenuhan pesanan konsumen di mana Dropshipper tidak menyimpan produk yang dijualnya dalam jumlah stok.

Sebaliknya, sebagai dropshipper kita membeli persediaan sesuai kebutuhan dari pihak ketiga—biasanya grosir atau pabrikan—untuk memenuhi pesanan.

Jadi kita hanya perlu modal untuk membeli produk yang dicari konsumen pada saat terjadi pemesanan saja.

4. Affiliator

Afiliasi merupakan bentuk kegiatan yang melibatkan perolehan komisi dengan cara mempromosikan sebuah produk ataupun layanan yang dipublikasikan oleh suatu perusahaan. Ini merupakan model monetisasi di mana mitra afiliasi, yaitu kita, akan diberi imbalan pembayaran jika telah memberikan hasil tertentu kepada perusahaan tersebut.

Program afiliasi umumnya gratis untuk diikuti, jadi kita tidak perlu khawatir karena tidak ada biaya pendaftaran untuk menjadi afiliator. Tidak bisa dianggap sepele, pekerjaan ini dapat mengasilkan uang yang banyak jika paham cara kerjanya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini : Pengertian Afiliasi – Sistem Kerja, Keuntungan, Macam Jenis dan Contoh

Digital Branding

Digital Branding

Ayo !! Promosikan Produk atau Jasamu di Internet !

Setelah memahami mudahnya Go Digital dengan ikut memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan internet, salah satu hal terpenting lainnya yaitu Digital Branding.

Digital branding merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk membangun nama dan image suatu brand atau produk di internet.

Selain membuat produk atau jasa tersedia dan dapat diketahui oleh pengguna internet diberbagai macam platform, membangun nama juga perlu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan publik pada brand yang kita miliki.

Salah satu bentuk profesionalisme yang dapat kita lakukan untuk membuat brand yang dimiliki menjadi lebih dipercaya oleh publik yaitu memiliki sebuah domain atau blog pribadi.

Sebenarnya kita bisa memanfaatkan platform seperti linkedin jika kita ingin mempublikasikan informasi seperti profil supaya orang lain dapat mengetahui lebih detail dengan informasi yang kita miliki.

Namun jika kita membangun profil menggunakan blog dan domain pribadi akan lebih bebas dalam menampilkan dan mengeksperesikan diri sehingga orang lain paham dengan citra yang ingin kita bangun.

Baca Juga : Pengertian Digital Branding – Manfaat, Strategi, Cara dan Contoh

Blog Gratis vs Web Berbayar

Host GratisHost Sendiri
Semua file dan data blog disimpan dan dihosting di server platform bloggingSemua file dan data blog disimpan dan dihosting di server eksternal pilihan
Beberapa platform blogging gratis contohnya yaitu Blogger, WordPress.com, Joomla.com, Tumblr, Medium, dll.Beberapa CMS blogging yang dihosting sendiri seperti WordPress.org, Joomla.org, Drupal.org, Ghost.org, dll.
URL blog gratis menggunakan subdomain seperti: namasaya.wordpress.com atau namasaya.medium.comURL blog yang di-host sendiri merupakan nama domain dengan berbagai pilihan ekstensi seperti: namasaya.com, namasaya.net, namasaya.org
Jika ingin URL bebas dari nama platform blogging, maka perlu membeli domain atau upgrade paket, yang umumnya memiliki harga sekitar Rp.100-200K per tahun.Meskipun CMS blogging gratis, namun perlu membayar untuk nama domain dan layanan host web, biasanya memiliki harga sekitar 10-50K per bulan.

Baca Juga : Pengertian Penulis (Writer) – Bidang Pekerjaan, Tugas, Tanggungjawab, Gaji dan Pendapatan

Untuk membuat sebuah web dengan domain pribadi kita bisa melakukannya baik secara gratis dan berbayar.

Untuk membangun blog gratis kita bisa memanfaatkan berbagai macam platform yang tersedia baik seperti blogspot, wordpress, weebly, wix, my.id dll.

Namun jika kamu ingin fasilitas yang lebih lengkap seperti nama domain pribadi serta hosting maka kamu bisa menggunakan WordPress Hosting.

Domain merupakan alamat url yang akan digunakan untuk web nantinya, misalnya adammuiz.com, sementara Hosting merupakan tempat menyimpan data serta perangkat yang menjalankan server sehingga website bisa aktif dan dapat dikunjungi pengguna internet.

Salah satu kelebihan menampilkan informasi seperti produk ataupun jasa yang kita miliki di web yaitu mudah ditemukan oleh mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, DuckDuckGo dll.

Kita tau sendiri, saat orang sedang bingung mencari sebuah informasi, saat ini solusi utamanya yaitu menemukan informasi tersebut dengan menggunakan Search Engine Google untuk menemukan konten yang dicari.

Sehingga dengan hadirnya informasi yang kita miliki di website ataupun blog akan lebih efektif menjangkau ke audiens yang lebih luas.

Untuk membangun web kita bisa memanfaatkan Cloud Provider Indonesia yang menyediakan hosting serta bantuan dalam membuat blog.

Baca Juga : Pengertian Blogger – Profesi, Keuntungan, Penghasilan, Keahlian dan Tips

Hosting Gratis

Banner Blog Competiotion 320x320

Buat kamu yang pengen buat web profesional dengan hosting berbayar tapi belum ada dana, tenang’ kamu bisa ikut lomba blog yang diadakan oleh idCloudHost.

IdCloudHost Mengadakan sebuah kontes lomba blog yang dapat diikuti oleh siapapun, dengan menggunakan platform sesuai ketentuan yang tertuliskan.

Untuk hadiahnya sendiri berupa WebHosting dan uang tunai, cocok buat kamu yang lagi cari web hosting gratis sehingga dengan memenangkan lomba ini kamu bisa membuat web profesional dengan fasilitas hosting berbayar.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis di Google

Beri Nilai Artikel
4.5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis